Wednesday, March 26, 2014

BJ Habibie: Pesawat MH370 Meledak Berkeping-keping di Udara Setinggi 10KM


Hilangnya penuh misteri pesawat Malaysia Airlines MH370 masih menjadi teka-teki. Pencarian untuk menemukan lokasi pesawat yang hilang sejak 8 Mac 2014 yang lalu itu terus dilakukan oleh 26 negara walaupun mempunyai maklumat yang amat sedikit.

Namun mantan Presiden yang juga ahli kedirgantaraan Indonesia, BJ Habibie yakin, pesawat itu tak akan dapat ditemukan. Kenapa?

"Saya yakin pesawat yang dicari itu tidak akan ditemukan, karena pesawat terbang itu meledak berkeping-keping di atas ketinggian 10 kilometer," kata Habibie di Jakarta.

Habibie percaya, pesawat nahas itu meledak di udara di atas ketinggian 33 ribu kaki dari permukaan laut. Penyebabnya kemungkinan kerana kebocoran tangki bahan bakar di sayap pesawat. 


Walaubagaimana pun kepastian penyebab utama ledakan tetap baru mampu dapat dirungkai melalui kotak hitam pesawat (black box) tersebut.

"Saya tidak bisa katakan apakah disebabkan dari sayap atau mesin pesawat kerana kasihan pada pihak yang membuat komponen tersebut," ujarnya.

Beliau mengulas bagaimana susahnya juruterbang Kapten Zaharie cuba membetulkan pesawatnya daripada terlibat dalam nahas sehingga tak sempat menyampaikan mesej adanya masalah dalam pesawat tersebut.

Katanya lagi,"Ini karena dia juga harus mencari lapangan terdekat untuk mendaratkan pesawat pada waktu yang bersamaan.

"Namun dia (pilot) baru melihat deteksi pada monitor lalu meledak. Mungkin karena itu pilot tidak sempat mengontak(hubungi) dan tidak sempat melaporkan kondisi SOS" 

"Kalau spekulasi pesawat berubah arah, kemungkinan besar pilot melihat pada board glass, ada informasi mengenai sesuatu yang tidak beres di pesawat." Namun lagi-lagi, dugaannya ini baru bisa dibuktikan setelah kotak hitam pesawat ditemukan.

Dan jika analisanya benar,kata Habibie, maka keping pesawat itu akan terlempar ke berbagai arah. "Apabila pesawat itu meledak di ketinggian 10 kilometer maka berkeping-keping dan terlempar tidak satu arah."

Namun sehingga kini satu keping pun tidak dijumpai oleh anggota misi pencarian pesawat MH370.

3 comments:

  1. Dia seolah-olah nak cover pilot

    ReplyDelete
  2. Apa orang tua ni cakap? Kan ada beberapa landasan - Kota Bharu, Langkawi dsb? Kenapa menuju ke utara pula dan kemudian melencong barat laut? Dia ni bagi orang semua konfius lagi.

    ReplyDelete

Sekiranya anda ingin menghantar artikel untuk di siarkan sila emelkan di pssr_43@yahoo.com. Insyaallah artikel anda akan disiarkan tanpa mengubah sebarang perkataan dan ayat.